apa itu “INTERNET”

Sedikit flashback ya Sob… ^_^
kalau kita ingat-ingat di zaman ketika Indonesia masih awam dengan yang namanya “INTERNET”, sering kita mendengar plesetan INTERNET itu adalah “INd*mie TElor + corNET..” 😀
mungkin karna masih minim nya peminat jasa layanan tersebut.
namun kini kemajuan teknologi semakin maju dan super canggih, bahkan dengan biaya yang bisa dikatakan tidak terlalu mahal untuk menggunakan layanan tersebut.
justru kini kita seperti orang yang kecanduan INTERNET untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari, bahkan sampai ada yang mengatakan “hidup terasa monoton tanpa adanya kuota/DATA..”
bener gak sih Guys ?? Hmm…

ya sudah lah.., mungkin saya saja yang terlalu mendramatisirkan keadaan.. XD

baiklah mari kita mulai saja pengertian tentang INTERNET nya Guys.. ^_^

Pengertian Internet

Internet merupakan singkatan dari Interconnected Network. Jika di terjemahkan secara langsung berarti jaringan yang saling terhubung . Internet adalah kumpulan dari computer yang saling terhubung satu dengan yang lain dalam satu jaringan. Disebut jaringan yang saling terhubung karena internet menghubungkan computer dan jaringan jaringan computer di seluruh dunia menjadi jaringan global. Internet ialah sistem komputer umum, yang berhubung secara global dan menggunakan TCP/IP sebagai protokol pertukaran paket (packet switching communication protocol).

jaringan soho
TOPOLOGI JARINGAN INTERNET

Atau dengan kata lain, definisi internet adalah jaringan besar yang saling berhubungan dari jaringan-jaringan komputer yang menghubungkan orang-orang dan komputer-komputer diseluruh dunia, melalui telepon, satelit dan sistem-sistem komunikasi yang lain. Internet dibentuk oleh jutaan komputer yang terhubung bersama dari seluruh dunia, memberi jalan bagi informasi (mulai dari text, gambar, audio, video, dan lainnya ) untuk dapat dikirim dan dinikmati bersama. Untuk dapat bertukar informasi, digunakan protocol standar yaitu Transmision Control Protocol dan internet Protocol yang lebih dikenal sebagai TCP/IP.

Sejarah Internet

Internet merupakan jaringan komputer yang dibentuk oleh Departemen Pertahanan Amerika Serikat di tahun 1969, melalui proyek ARPA yang disebut ARPANET (Advanced Research Project Agency Network), di mana mereka mendemonstrasikan bagaimana dengan hardware dan software komputer yang berbasis UNIX, kita bisa melakukan komunikasi dalam jarak yang tidak terhingga melalui saluran telepon.

Proyek ARPANET merancang bentuk jaringan, kehandalan, seberapa besar informasi dapat dipindahkan, dan akhirnya semua standar yang mereka tentukan menjadi cikal bakal pembangunan protokol baru yang sekarang dikenal sebagai TCP/IP (Transmission Control Protocol/Internet Protocol).

Tujuan awal dibangunnya proyek itu adalah untuk keperluan militer. Pada saat itu Departemen Pertahanan Amerika Serikat (US Department of Defense) membuat sistem jaringan komputer yang tersebar dengan menghubungkan komputer di daerah-daerah vital untuk mengatasi masalah bila terjadi serangan nuklir dan untuk menghindari terjadinya informasi terpusat, yang apabila terjadi perang dapat mudah dihancurkan.

Pada mulanya ARPANET hanya menghubungkan 4 situs saja yaitu Stanford Research Institute, University of California, Santa Barbara, University of Utah, di mana mereka membentuk satu jaringan terpadu di tahun 1969, dan secara umum ARPANET diperkenalkan pada bulan Oktober 1972. Tidak lama kemudian proyek ini berkembang pesat di seluruh daerah, dan semua universitas di negara tersebut ingin bergabung, sehingga membuat ARPANET kesulitan untuk mengaturnya.

4-23-2014-12-17-15-AM1

Oleh sebab itu ARPANET dipecah menjadi dua, yaitu “MILNET” untuk keperluan militer dan “ARPANET” baru yang lebih kecil untuk keperluan non-militer seperti, universitas-universitas. Gabungan kedua jaringan akhirnya dikenal dengan nama DARPA Internet, yang kemudian disederhanakan menjadi Internet.

Perangkat Untuk Mengakses Internet

Perangkat untuk mengakses internet ada 2 , yaitu perangkat keras atau hardware dan perangkat lunak atau software.

  • Perangkat Keras computer-158675_640.png
  1. Perangkat Komputer

Perangkat komputer atau PC adalah hal utama yang harus kita miliki. PC sendiri bisa juga digantikan dengan laptop atau netbook. Perangkat inilah yang nanti kita gunakan untuk menjelajah atau berselancar di dunia maya. Oleh karena itu, untuk kenyamanan dalam menjelajah internet, komputer yang kita gunakan harus punya spek yang bagus

thinkstock-router-100569363-large

2. Modem

Modem adalah alat yang digunakan mengubah sinyal informasi kedalam sinyal pembawa (carrier) dan siap untuk dikirimkan, dan memisahkan sinyal informasi (yang berisi data atau pesan) dari sinyal pembawa yang diterima sehingga informasi tersebut dapat diterima dengan baik. Modem sendiri banyak sekali jenisnya, ada modem internal dan external.

  1. Jaringan Telephone Kabel

Jaringan telphon adalah hal penting yang harus kita miliki untuk mendapatkan koneksi internet. Karena ini adalah media yang akan menghubungkan antara perangkat komputer kita dengan jaringan internet di dunia. Tetapi sekarang untuk menikmati internet di rumah bisa juga tanpa menggunakan jaringan telephone.

  1. Kartu Jaringan

Kartu jaringan atau LAN Card yaitu perangkat yang harus ada dalam komputer kita. Kartu jaringan dipasang di komputer apabila kita ingin komputer kita terhubung dengan komputer lain dalam sebuah jaringan local (LAN). Kartu jaringan memungkinkan sebuah komputer berkomunikasi dengan komputer yang lain.

fxg-24im4

  1. Switch

Switch adalah perangkat yang digunakan untuk menghubungkan banyak komputer dalam satu jaringan kabel. Dengan alat ini, jaringan internet dari modem bisa kita sebar atau kita gunakan ke banyak PC atau komputer. Biasanya digunakan di warnet atau instalasi jaringan di perkantoran dengan jumlah PC yang banyak.

  1. Bridge

Bridge adalah sebuah perangkat yang digunakan untuk menghubungkan dua buah jaringan secara fisik yang menggunakan protocol sama atau sejenis. Dengan peragkat ini, maka sebuah paket data mampu dikirim dari satu LAN ke LAN lain. Sangat membantu ketika kita memiliki 2 PC.

besar

  1. Router

Router merupakan perangkat yang berfungsi hampir sama dengan bridge. Namun perangkat ini punya keunggulan selain untuk menghubungkan dua buah LAN dengan tipe sama, router juga bisa untuk menghubungkjan dua buah LAN dengan tipe berbeda.

  • Perangkat Lunak
  1. INTERNET EXPLORER

Internet explorer merupakan browser bawaan dari sistem operasi Windows. Saat ini, Internet explorer sudah mengeluarkan berbagai versi.

  1. MOZILLA FIREFOX

Mozilla Firefox (aslinya bernama Phoenix dan kemudian untuk sesaat dikenal sebagai Mozilla Firebird) adalah penjelajah web antarplatform gratis yang dikembangkan oleh Yayasan Mozilla dan ratusan sukarelawan.

  1. GOOGLE CHROME

Google Chrome adalah sebuah penjelajah web sumber terbuka yang dikembangkan oleh Google dengan menggunakan mesin rendering WebKit. Proyek sumber terbukanya sendiri dinamakan Chromium. Versi beta untuk Microsoft Windows diluncurkan pada 2 September 2008 dalam 43 bahasa. Google Chrome adalah browser yang dibuat dengan desain praktis agar Anda dapat mengakses Web dengan lebih cepat, mudah, dan aman.

  1. SKYPE

Skype adalah sebuah program komunikasi dengan teknologi P2P (peer to peer). Program ini merupakan program bebas (dapat diunduh gratis) dan dibuat dengan tujuan penyediaan sarana komunikasi suara (voice) atau video berkualitas tinggi yang murah berbasiskan internet untuk semua orang di berbagai belahan dunia. Pengguna Skype dapat berbicara dengan pengguna Skype lainnya dengan gratis, menghubungi telepon tradisional dengan biaya (skypeOut), menerima panggilan dari telepon tradisional (SkypeIn), dan menerima pesan suara.

  1. YAHOO MESSENGER

Yahoo! Messenger (sering disingkat “Y!M” atau “YM”) merupakan program pengirim pesan instan populer yang disediakan oleh Yahoo!. Yahoo! Messenger tersedia secara gratis dan dapat diunduh serta diakses menggunakan Yahoo! ID yang biasa digunakan untuk mengakses layanan Yahoo! yang lainnya, seperti Yahoo! Mail. Penggunaan ID ini juga mengakibatkan pengguna dapat langsung diberitahu bila mendapat sebuah e-mail.

  1. SOFTWARE MAIL

Software Mail merupakan suatu software/ perangkat lunak yang digunakan untuk melakukan proses berkirim surat elektronik/ elektronik mail (e-mail), antara lain Outlook Express/ Internet Mail dan Netscape Mail.

Faktor Yang Mempengaruhi Kecepatan Internet

  1. UNIT KOMPUTER

Komputer sangat berperan dalam kecepatan akses, karena didalamnya terdapat harddisk, RAM, processor. Bila harddisk berkecepatan rendah, maka kecepatan akses pun ikut rendah. Begitu pula RAM dan processor.

  1. MODEM
    Modem punya kecepatan yang berbeda-beda. modem yang sering digunakan berkecepatan 56 kbps.
  2. JARINGAN KOMUNIKASI UNTUK AKSES INTERNET

Untuk akses internet kita bisa gunakan line telepon, CDMA, GPRS, & Satelit. Yang masing-masing punya kecepatan berbeda dan danyang paling rendah adalah line telepon.

  1. BESAR BANDWITCH
    Bandwitch adalah luas/ lebar cakupan frekuensi yang digunakan oleh sinyal dalam medium transmisi.
  1. Jumlah Pengguna yang mengakses server bersamaan
    Akses internet pada jam-jam tertentu kadang sangat lamban, dikarenakan penggunaan internet secara bersamaan. Keuntungan Dan Kerugian Penggunaan Internet
  • Keuntungan

Ada banyak sekali keuntungan mengenal dan menggunakan internet, di antaranya :

Sebagai Alat Komunikasi

Dengan internet kita dapat berkomunikasi dengan siapa saja tanpa batasan geografis, missal, email, chatting, jejaring social , transfer data dll.

Alat Searching ( Pencarian )

Kita dapat menemukan informasi ataupun segala sesuatu yang kita cari di mesin pencarian cepat, dengan memasukan kata kunci tertentu.

Tempat Belanja Online

Jika kita mencari barang di sekitar tempat tinggal kita susah, maka kita dapat mencari nya di situs situs tempat belanja online.

Media Hiburan

Di dalam internet terdapat banyak layanan untuk mendownload salah satunya adalah mendonwload permainan, ada bnyak permainan yang dapat kita download sesuka hati kita.

Tempat belajar Online

Dengan internet kita bisa mencari bahan belajar ataupun sharing pelajaran dengan teman Jarak Jauh, .

Layanan

Internet banyak menyediakan layanan guna mempermudah dan memanjakan penggunanya seperti E-Bangking, pemesanan tiket dll.

Selain keuntungan di atas, masih banyak lagi keuntungan yang kita peroleh dari internet.

  • Kerugian Internet

Sekalipun banyak keuntungan yang kita peroleh dari internet, bukan berarti internet tidak mempunyai kerugian, diantaranya :

Hacking

Usaha memasuki sebuah jaringan dengan maksud mengeksplorasi ataupun mencari kelemahan sistem jaringan

Pornografi

Dalam internet terdapat banyak situs porno yang dapat dengan mudah di masuki atau di akses oleh anak di bawah umur, hal ini tentu sangat bepengaruh buruk bagi pribadi maupun orang lain.

Penipuan

Dibutuhkan kejelian dalam menggunakan internet, khususnya dalam bidang bisnis, karna sekarang banyak sekali bentuk penipuan dengan menggunakan jebakan jebakan kepada pengguna intenet.

Ancaman Virus

Keasyikan chatting atau mengobrol dengan teman melalui jejaring social sehingga lupa waktu.

Dengan Mudah Orang dapat menjiplak karya Orang lain.

Demikianlah pengertian dari INTERNET, tergantung dari bagaimana cara kita menyikapi dan menggunakan fasilitas tersebut, jika kita menyikapinya dengan cara yang positif maka positiflah yang akan kita dapati dari media tersebut,
dan justru sebaliknya jika kita menyikapinya secara negatif…

semoga artikel di atas bermanfaat untuk pedoman kita semua… . Thank’s