Penggunaan Rumus MS Excel Lengkap

Sebuah pekerjaan kantor itu harus bisa menggunakan software Microsoft Office Excel dan biasanya apabila mau melamar pekerjaan sebagai office harus bisa menguasai rumus dasar MS Excel dan Tool ini sering di kenal dengan penggunaan yang meliputi rumus-rumus atau formula pada setiap proses kerjanya. Sedangkan dalam setiap penggunaan rumus yang kurang efektif membuat kita menjadi bingung dan untuk memudahkan kita dalam bekerja dengan menggunakan aplikasi MS Excel harus tau rumus dasar beserta fungsinya.

Microsoft Excel atau disebut dengan formula adalah sebuah aplikasi yang memiliki kelebihan tersendiri, dengan fungsinya yang cukup dominan terhadap pekerjaan dalam mengolah data melalui perhitungan yang sangat matematis, selain itu juga MS Excel sering dikenal sebagai operator matematika. Akan tetapi bagi sobat yang belum tahu cara menggunakan rumus microsoft Excel, Kami akan memberikan ulasan singkat tentang penggunaan rumus MS Excel.

Berbicara mengenai  macam dan fungsi dari formula pada MS Excel, yang harus kita pahami yaitu cara menggunakan rumus MS Excel sebagai operator Matematis. Karena software MS Excel ini mempunyai keunggulan untuk menampung semua data-data yang mempunyai sifat numerik.

Penggunaan-Rumus-Microfost-Exel-Legkap

  1. + (ikon plus), untuk penggunaan dalam bentuk Penjumlahan
    seperti contoh (A1+A2)
  2. * (ikon bintang), untuk penggunaan dalam bentuk Perkalian
    seperti contoh (A5*A6)
  3. – (ikon minus), untuk penggunaan dalam bentuk Pengurangan
    seperti contoh (A3-A4)
  4. / (ikon garis miring), untuk penggunaan dalam bentuk Pembagian
    seperti contoh (A7/A8)
  5. % (ikon persen) untuk penggunaan dalam bentuk Presentase
    seperti contoh (C2%)
  6. ^ (ikon caret) untuk penggunaan dalam bentuk Pangkat
    seperti contoh (A9^2)

Berikut ini kami berikan contoh dalam penggunaan rumus MS Excel standar :

penggunaan-rumus-MS-Excel-standar

Apabila pada rumus pertama pada kolom sudah Anda selesaikan, namun ingin melanjutkan kembali menuju kolom berikutnya maka sobat hanya meletakkan kursor di bagian pojok kanan bawah sampai kursor berubah bentuk menjadi (+) kemudian Anda tarik kebawah.

Rumus Dasar MS Excel dan Fungsinya
Rumus atau Formula pada MS Excel Secara dominan, kemungkin terbagi menjadi tiga jenis, yaitu Rumus Logika, Matematis, dan Statistik. Dan kami akan memberikan penggunaan rumus lengkap berdasarkan fungsinya berikut ini selengkapnya :

Rumus Matematik

  • SUBTOTAL

SUBTOTAL ini fungsinya sangat banyak yaitu pembagian, pengurangan, perkalian, presentase (rata-rata) dan lainnya, sebagai Contoh : = SUBTOTAL (FUNGSI;REFRENSI_1;REFRENSI_2) dengan tulisan rumus tersebut akan berubah menjadi  =SUBTOTAL(9;A5;A10).

  • SUM

SUM adalah formula yang berfungsi untuk proses penjumlahan. Sebagai Contoh : =SUM(B2:C2) dengan rumus demikian yang diletakan akan berubah otomatis menjadi angka hasil dengan sifat penjumlahan pada cell E2 dan B2

 

Rumus Statistik

  • Count

Berfungsi untuk menghitung pada banyaknya jumlah data argumen. Dan biasanya rumus ini hubungkan bersama Logical test. Seperti Contoh = COUNT (value1 dan value2)

  • Average

Berfugsi untuk menampilkan nilai portase (rata-rata). Seperti Contoh : =AVERAGE(D2;D3;D4). akan otomatis keluar nilai rata-rata pada kolom D2 hingga D4.

  • Max

Penggunaan rumus ini kita bisa mengetahui jumlah nilai yang paling tinggi dalam kumpulan cell. Seperti Contoh = MAX (B2 dan B10)

  • Min

Rumus MIN kebalikannya dari rumus MAX tadi.

 

Rumus Logika MS Excel

  • OR

OR penggunaannya ialah untuk menghasilkan nilai yang benar atau true, jika logical test sudah benar. Dan seperti Contoh : =OR (logika1 dan logika2)

  • AND

Sama seperti diatas yaitu bisa menghasilkan nilai yang benar atau true, apabila semua argumen sudah benar. Seperti pada Contoh : = AND (logika1 dan logika2)

fungsi logika diatas kita dapat menggabungkan agar bisa memberi hasil analisa yang tepat dan sesuai dengan apa yang kita inginkan.

 

Itulah yang dapat kami sampaikan tentang Penggunaan Rumus Ms Excel,
semoga dengan rumus ini bisa mempermudah pekerjaan Anda.                       Thank’s  ^_^